Obligasi adalah Pilihan Investasi Menguntungkan, Pelajari Detailnya di Sini!

  • Whatsapp
Obligasi-adalah-Pilihan-Investasi-Menguntungkan-Pelajari-Detailnya-di-Sini
Foto dari Canva

Salah satu pilihan jenis investasi yang saat ini cukup direkomendasikan adalah obligasi. Obligasi adalah surat utang yang akan diterbitkan oleh suatu entitas pemerintah maupun perusahaan dengan jangka waktu tertentu. Bentuk investasi ini semakin diminati oleh masyarakat karena bisa mendatangkan keuntungan yang besar meskipun risikonya juga cukup besar.

Mengenal Obligasi

Sebelum ikut memilih jenis investasi ini, tentunya Anda harus paham betul apa yang dimaksud dengan obligasi. Anda juga harus tahu seperti apa cara kerjanya dan apa saja keuntungan dari instrumen investasi tersebut. Berikut ini akan dibahas beberapa poin penting yang akan membantu Anda mengenal lebih dekat tentang investasi obligasi.

Read More

1. Pengertian

Obligasi merupakan sebuah surat utang yang nantinya akan dipegang oleh investor dan dijadikan sebagai instrumen investasi. Surat utang ini diterbitkan oleh pihak penerbit atau emiten yang bisa berupa pemerintah maupun pihak swasta. Intinya, investor akan memberikan sejumlah dana untuk dipinjam atau diutangkan kepada pihak emiten tersebut.

Jadi bisa dikatakan dalam sistem investasi ini bahwa penerbit obligasi merupakan pihak debitur. Sementara itu pembeli obligasi merupakan investor atau kreditur. Nantinya emiten atau penerbit surat utang harus membayar uang yang dipinjamkan tadi sesuai jangka waktu jatuh tempo kepada pihak yang memegang obligasi atau investor.

2. Risiko

Sangatlah penting untuk memahami risiko dari sebuah instrumen investasi sebelum Anda mulai mengeluarkan uang dalam instrumen tersebut. Obligasi itu sendiri merupakan investasi yang risikonya cukup tinggi. Namun risiko yang diberikan tidak sebesar investasi saham. Jadi, bagi Anda yang punya profil risiko moderat bisa mencoba jenis investasi ini.

3. Sumber Keuntungan

Dari mana profit yang akan diterima oleh investor obligasi ini? Obligasi adalah jenis investasi yang memberikan profit dari dua sumber. Pertama dari kupon atau bunga yang secara rutin akan diberikan kepada pemilik obligasi. Bunga ini akan rutin dibayarkan sampai tiba waktu jatuh tempo obligasi tersebut.

Selain itu keuntungan lain berasal dari hasil jual beli obligasi. Ya, obligasi ini tidak hanya bisa disimpan sendiri namun juga dapat diperjualbelikan. Hasil untung jual beli obligasi ini akan dinikmati oleh investor. Keuntungan dari jual beli obligasi disebut sebagai capital gain.

4. Kerugian Investasi

Seimbang dengan keuntungannya yang bisa besar, peluang kerugian jenis investasi ini juga cukup besar. Ada risiko yang harus ditanggung investor yakni risiko gagal bayar dari pihak emiten. Untuk memperkecil adanya risiko tersebut maka sangat disarankan untuk memilih jenis surat berharga atau obligasi yang berasal dari emiten pemerintah bukan swasta.

Selain itu, harga jual kembali dari obligasi ini sangat dipengaruhi oleh suku bunga. Jadi belum tentu Anda akan mendapatkan keuntungan dari hasil jual beli obligasi. Bisa saja Anda malah rugi karena menjual obligasi di saat yang tidak tepat misalnya ketika bunga turun.

5. Jaminan Keamanan

Apakah obligasi ini adalah bentuk investasi yang aman? Ya, obligasi merupakan jenis investasi yang sangat aman karena sudah aktivitasnya sudah diawasi oleh OJK. Selain itu semua instrumen surat berharga juga akan dilaporkan perdagangannya lewat Bursa Efek Indonesia. Pemerintah sudah menjamin bahwa jenis investasi ini aman untuk dilakukan.

Obligasi adalah jenis investasi yang dapat memberi keuntungan besar asalkan sesuai dengan profil risiko dan tujuan investasi Anda. Anda juga bisa mencoba melakukan diversifikasi dengan memilih bentuk investasi peer to peer lending. Peer to peer lending adalah bentuk investasi dimana Anda akan menjadi penyedia dana bagi pihak peminjam dan mendapat keuntungan dari dana tersebut.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *