Langkah Ampuh Pertolongan Pertama Keracunan Makanan

  • Whatsapp
Langkah-Ampuh-Pertolongan-Pertama-Keracunan-Makanan
Foto dari Canva Photos Unlimited

Pengolahan makanan yang tidak tepat dapat mengakibatkan keracunan pada makanan. Makanan yang masih mentah maupun yang sudah terkontaminasi bakteri dan lainnya. Apapun penyebab keracunan makanan, tetap harus segera dilakukan tindakan agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Langkah Memberi Pertolongan Pertama Keracunan Makanan

Perlu diketahui cara mengatasi keracunan pada makanan agar dapat menindaklanjuti kemungkinan yang tidak diinginkan terjadi secara tiba-tiba. Gejala-gejala yang biasa terjadi pada saat keracunan makanan seperti mual, diare, muntah-muntah dan kram pada perut. Selengkapnya akan dijelaskan langkah-langkah yang harus ditempuh pada pertolongan pertama keracunan makanan :

1. Perbanyak Minum Air Putih

Meskipun dianjurkaan untuk meminum banyak air putih, tidak serta merta diminum langsung dalam jumlah banyak. Karena gejala keracunan makanan berupa mual dan muntah yang diberi volume air terlalu banyak akan semakin memperburuk keadaan. Perbanyak minum air putih namun sedikit demi sedikit secara berkala. Jika keracunan terjadi di dalam rumah, dapat pula ditambahkan sedikit air garam atau cairan oralit untuk mengganti cairan elektrolit tubuh yang hilang selama muntah.

2. Minum Susu

Gejala keracunan muntah dapat ditangani juga dengan meminum susu. Susu yang masuk ke tubuh akan mengikat racun agar tidak tersebar lebih luas di dalam tubuh. Selain itu, susu juga dapat merangsang agar cepat memuntahkan isi perut dan memuntahkan racun yang belum sempat mengendap dalam tubuh. Namun, untuk keracunan dengan gejala diare, hindari meminum susu karena akan menambah diare semakin parah.

3. Meminum Obat Karbon Aktif

Cara ini yang paling mudah diterapkan saat memberi pertolongan pada orang yang keracunan makanan. Sebaiknya sediakan obat ini di kotak P3K Anda. Meskipun obat ini dijual bebas, namun tetap dianjurkan meminum dengan resep dokter. Cara meminumnya hanya dengan air putih, maka obat akan segera bereaksi dan mengikat racun dalam tubuh.

4. Mengendalikan Mual

Keracunan dengan gejala mual dan muntah memang lebih lega jika semua yang dimakan sebelumnya, dikeluarkan. Namun perlu diingat, jangan biarkan makanan terakhir sampai keluar. Hal ini akan membuat tubuh menjadi lemas dan semakin memperparah keadaan. Kontrol muntah Anda dan setelah lega, langsung konsumsi makanan yang memiliki rasa hambar seperti buah pisang atau roti tawar.

5. Segera Bawa ke Dokter

Semua cara di atas memang cara cepat untuk menangani keracunan pada makanan. Namun tetap, cara yang paling efektif dengan membawanya ke dokter agar lebih spesifik dalam penanganan. Selain itu, obat yang diberikan juga sesuai resep dokter. Gejala keracunan yang tidak kunjung berhenti harus segera dibawa ke dokter.

Itulah beberapa langkah ampuh pada pertolongan pertama keracunan makanan. Untuk menghindari keracunan pada makanan, sebaiknya dicermati terlebih dahulu baik dari makanan maupun dari lingkungan. Makanan yang dirasa sudah basi sebaiknya tidak dikonsumsi. Lingkungan yang kotor memungkinkan makanan yang berada di sekitarnya juga ikut terkontaminasi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *