Faktor Penyebab Jantung Koroner Yang Harus Anda Tahu

  • Whatsapp
Faktor-Penyebab-Jantung-Koroner-Yang-Harus-Anda-Tahu
Foto dari Canva Pro

Jantung koroner merupakan salah satu dari penyakit mematikan yang paling ditakuti serta diwaspadai. Gejala penyakit jantung koroner umumnya ditandai dengan timbulnya rasa nyeri secara mendadak pada dada.

Terdapat beberapa faktor yang bisa memicu datangnya gangguan pada jantung tersebut, baik dari gaya hidup maupun karena keturunan. Agar lebih paham, yuk simak ulasan penyebab jantung koroner berikut ini.

Faktor Yang Memicu Penyakit Jantung Koroner

1. Rokok

Kebiasaan buruk satu ini memang banyak memicu timbulnya gangguan kesehatan yang berbahaya, tak terkecuali penyakit jantung koroner. Dimana, dalam asap rokok mengandung nikotin dan karbon monoksida yang akan membawa dampak pada timbulnya penggumpalan darah. Kondisi tersebut akan memberatkan kinerja jantung dalam memompa darah sehingga akan memicu datangnya penyakit jantung koroner.

Selain itu, kedua zat tersebut juga turut andil dalam mengganggu dinding arteri jantung. Sehingga, akan berdampak pada kerusakan serta mengakibatkan terjadinya penyempitan pada dinding arteri. Kondisi penyempitan tersebut juga bisa membuat gumpalan darah menyumbat dinding arteri, sehingga hal ini akan mengakibatkan jantung bekerja lebih keras.

2. Tekanan Darah Tinggi

Penyebab jantung koroner juga dapat terjadi karena hipertensi atau tekanan darah tinggi. Dimana, penyakit hipertensi tersebut disebabkan karena konsumsi makanan yang mengandung garam tinggi. Sedangkan, bagi penderita jantung koroner pantang mengkonsumsi kudapan yang tinggi kandungan garam. Pada kondisi hipertensi, akan membuat jantung bekerja lebih keras sehingga akan memicu hadirnya penyakit jantung koroner.

3. Diabetes Melitus

Orang yang menderita penyakit diabetes biasanya cenderung rentan untuk terkena penyakit jantung. Hal tersebut diakibatkan karena kandungan gula darah yang tinggi pada penderita diabetes akan membuat dinding pembuluh darah menjadi tebal. Kondisi penebalan dinding pembuluh inilah yang membuat aliran darah terganggu, sehingga dapat memicu munculnya gangguan pada jantung. Keadaan ini lah yang menjadi penyebab jantung koroner.

4. Kolesterol

Lemak yang diproduksi oleh hati ini memiliki peranan yang penting dalam proses membentuk sel yang baik. Namun, apabila dalam jumlah yang berlebihan justru akan membahayakan bagi kesehatan tubuh. Bagi seseorang yang memiliki kolesterol tinggi biasanya lebih rentan untuk terkena penyakit jantung koroner, yang ditandai dengan munculnya gejala berupa sesak napas.

Dalam tubuh manusia, terdapat dua jenis kolesterol yaitu kolesterol jahat dan kolesterol baik. Yang mampu memicu terjadinya penyakit jantung ialah jenis kolesterol jahat, dimana zat tersebut akan menempel pada dinding arteri serta menyumbat saluran darah. Kondisi tersebutlah yang menjadi faktor jantung koroner yang  menyerang sebagian orang berkolesterol tinggi.

5. Pola Makan Tidak Sehat

Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, seperti mengandung lemak jenuh serta tinggi gula dan garam akan membuat seseorang menjadi obesitas. Yang mana, kondisi obesitas karena kelebihan berat badan tersebut akan semakin meningkatkan seseorang terkena penyakit jantung. Oleh sebab itu, agar terhindar dari penyakit mematikan ini diharuskan menerapkan pola hidup sehat.

6. Riwayat Keluarga

Seperti halnya penyakit diabetes, seseorang akan cenderung beresiko tinggi menderita penyakit jantung koroner jika dalam anggota keluarganya ada yang menderita penyakit tersebut. Oleh sebab itu, selain dari lingkungan, faktor genetik dari anggota keluarga juga bisa menjadi penyebab jantung koroner. Maka, penting bagi orang yang membawa gen penyakit ini untuk selalu menerapkan pola hidup sehat.

Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit yang menakutkan bagi sebagian besar orang. Agar bisa menghindari penyakit satu ini, maka penting untuk mengetahui faktor yang memicu resiko hadirnya gangguan jantung tersebut. Yang mana, hal ini bertujuan untuk mencegah sekaligus mengantisipasi apabila serangan jantung datang secara mendadak.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *