Berikut Cara Merawat Mobil Yang Di Cat Agar Tahan Lama

  • Whatsapp

Membeli kendaraan beroda empat tak semudah membalikkan telapak tangan. Diperlukan kerja keras dan perjuangan untuk menerima kendaraan beroda empat dengan harga ratusan juta rupiah.

Tetapi sayangnya, kerja keras ini tak berlanjut hingga ke tahap perawatan sehingga cat kendaraan beroda empat pesat tampak kusam, pun cat kendaraan beroda empat telah tergores dan mengelupas walau baru sebagian bulan pengaplikasian. Meski kendaraan beroda empat yang terawat secara keseluruhan, kecuali memberikan kenyamanan ketika berkendara, kendaraan beroda empat juga tampak mulus dan bersih, sehingga keadaan kendaraan beroda empat konsisten awet.

Read More

Untuk itu, lakukanlah perawatan cat kendaraan beroda empat secara rutin semenjak dini. Berikut enam kiat yang dapat dilaksanakan:

1. Mencuci Kendaraan Secara Rutin

Sebelum membasahi kendaraan beroda empat, hal pertama yang perlu dilaksanakan yaitu membersihkan ban kendaraan beroda empat terutamanya dulu. Pakai sikat untuk membersihkan ban dari kotoran yang melekat seperti lumut atau lumpur. Sesudah bersih, semprotkan air ke segala badan kendaraan beroda empat.

Hindari tradisi memperbolehkan kendaraan beroda empat kering dengan sendirinya. Hal ini bisa mempercepat pengelupasan cat kendaraan beroda empat pengaruh kandungan mineral yang terdapat pada air keran. Seketika lap komponen kendaraan beroda empat sesudah dicuci dengan mengaplikasikan kain berbahan katun supaya tak memunculkan goresan-goresan halus pada badan kendaraan beroda empat.

2. Melindungi Kendaraan dari Cuaca Ekstrem

Kecuali merusak kulit, cahaya UV juga bisa mengoksidasi cat kendaraan beroda empat sehingga mudah memudar dan mengelupas. Hasilnya kendaraan beroda empat tampak lebih kusam. Sebaiknya, pilih daerah yang sejuk ketika memarkirkan kendaraan beroda empat, seperti basement, garasi atau di bawah pohon-pohon rindang.

Usahakan pula untuk membawa pembungkus kendaraan beroda empat tiap-tiap ketika untuk berjaga-jaga apabila zona daerah parkir terpapar sang surya segera. Kecuali itu, Anda juga perlu waspada kepada curah hujan yang tinggi. Sekiranya kendaraan beroda empat telah terlanjur terkena air hujan, langsung siram kendaraan beroda empat mengaplikasikan air bersih.

3. Atur Volume Air dari Selang

Membersihkan kendaraan beroda empat dengan air bervolume tinggi otomatis mempercepat profesi. Tetapi sadar atau tak, hal ini justru berbahaya cat kendaraan beroda empat. Sebaiknya atur volume air layak noda yang melekat pada kendaraan beroda empat. Kecilkan volume air seandainya noda tak terlalu banyak, dan demikian itu sebaliknya.

Supaya lebih aman, pakai teknik mencuci kendaraan beroda empat dengan sistem mengguyur. Teknik ini memang menguras kekuatan, namun bagus untuk menjaga cat kendaraan beroda empat menjadi lebih awet.

4. Hindari Detergen atau Sabun

Bahan pembersih seperti detergen atau sabun bisa mempercepat pengelupasan cat kendaraan beroda empat. Hasilnya warna cat tak lagi merata, sehingga kendaraan beroda empat tampak kusam dan tua.

Supaya cat tak pesat memudar atau mengelupas, pakai sampo khusus yang dapat Anda beli di supermarket, minimarket atau pasar. Harganya sekitar Rp20 ribu sampai Rp200 ribu, tergantung merek samponya.

Pastikan sampo yang dipilih ampuh mengangkat noda yang membandel supaya Anda tak perlu menggosok kendaraan beroda empat secara berulang-ulang ketika dibersihkan.

5. Oleskan Kit Kendaraan Nampak Mengkilap

Cuma sekadar kendaraan beroda empat bersih saja belum cukup. Masih ada tahap lain yang perlu dilaksanakan adalah mengoleskan kit pada segala badan kendaraan beroda empat. Kit berkhasiat untuk mengangkat sisa-sisa noda halus yang masih melekat, sehingga kendaraan beroda empat kelihatan mengkilap dari jarak dekat ataupun jarak jauh.

Oleskan kit secara merata ke segala badan kendaraan beroda empat dengan gerakan memutar. Lakukan secara berjenjang dari satu komponen ke komponen lain. Kecuali membikin kendaraan beroda empat jadi mengkilap, kit juga baik untuk mencegah pelaksanaan pertumbuhan jamur pada cat kendaraan beroda empat. Akhirnya cat kendaraan beroda empat tampak seperti baru tiap-tiap ketika.

6. Seketika Perbaiki apabila Tergores

Goresan kecil pada kendaraan beroda empat tak bisa dihindari meski kendaraan beroda empat telah dirawat secara bagus dan benar. Goresan ini dapat saja disebabkan oleh benda tajam atau reruntuhan ranting pohon dan sebagainya. Bila hal ini menimpa kendaraan beroda empat Anda, langsung lakukan koreksi ke bengkel terdekat. Koreksi secara pesat bisa menyelesaikan goresan meluas ke zona sekitarnya.

Perawatan Rutin Ialah Kunci Utama

Semahal apa saja cat yang diaplikasikan untuk melapisi kendaraan beroda empat, cat hal yang demikian tak bertahan baik selamanya. Cat akan ikut serta memudar seiring berjalannya waktu. Jangan cemas, ini dapat dihindarkan dengan melaksanakan rangkaian perawatan secara rutin. Jadikan kendaraan beroda empat sebagai salah satu aset berharga supaya Anda berkeinginan menyayangi dan merawat kendaraan beroda empat dengan seikhlas hati.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *