Agar Tidak Mudah Rusak Saat Dikirim, Packing Barang dengan Cara Ini

  • Whatsapp
Agar-Tidak-Mudah-Rusak-Saat-Dikirim-Packing-Barang-dengan-Cara-Ini
Foto dari Canva Pro

Menjadi pengusaha dalam bisnis penjualan online, tentu saja akan sangat bergantung dengan jasa kirim barang. Namun, mengandalkan jasa pengiriman tidaklah cukup untuk menjaga keamanan barang saat dikirim. Sebagai penjual, Anda tetap harus memperhatikan bagaimana melakukan packing barang agar tidak rusak saat sampai di tangan pembeli.

Apabila pengemasan kurang baik, maka bisa menyebabkan kerusakan terhadap barang yang dikirimkan. Alhasil, akan mendapatkan komplain dari pelanggan. Nah, komplain tentunya akan merugikan bagi bisnis Anda sehingga harus benar-benar dihindari,

Packing Agar Tak Mudah Rusak

Agar usaha online Anda tidak mendapatkan banyak komplain karena kerusakan barang akibat pengepakan yang kurang baik, sebaiknya ketahui bagaimana cara mempacking yang baik. Berikut beberapa cara pengemasan yang harus Anda lakukan demi menjaga kualitas barang saat sampai di tangan konsumen:

1. Gunakan Bungkusan Berlapis

Menggunakan bungkusan berlapis merupakan cara terbaik memastikan barang yang dikirim aman dari kerusakan. Anda bisa menggunakan bubble wrap sebagai pembungkus awal barang kemudian menggunakan kardus untuk membungkus bagian luarnya. Dapat juga menggunakan amplop, plastik, dan bahan pembungkus lainnya.

Rekatkan dengan baik barang pada bubble wrap sehingga tak mudah lepas dan tetap terlindungi hingga sampai ke tempat tujuan. Apabila terdapat beberapa produk, Anda bisa menyatukannya lalu bungkus dengan bubble wrap atau membungkus masing-masing item.

2. Gunakan Packing yang Sesuai dengan Jenis Barang

Menggunakan jasa kirim barang yang terpercaya memang bisa menjamin keamanan paket Anda, tapi jika packingnya kurang rapi sama saja bohong. Oleh sebab itu, saat akan mengemas barang sebaiknya perhatikan jenis produk yang dikirim dan menyesuaikan dengan bungkusnya.

Misalnya, Anda mengirim berkas atau buku, maka bungkuslah dengan amplop. Jika mengirimkan produk kecantikan gunakan kardus untuk melapisi bubble wrap. Apabila yang dikirim adalah kain atau baju, maka bisa menggunakan plastik saja.

3. Gunakan Stiker Peringatan

Agar kurir lebih berhati-hati saat mengirimkan barang Anda, sebaiknya gunakan stiker peringatan. Misalnya, ketika akan mengirimkan barang pecah belah, maka tempelkan peringatan di permukaan kardus atau packing kayu yang digunakan.

Untuk barang yang mudah rusak, stiker ini sangat diperlukan. Oleh sebab itu, selalu menyiapkan stiker peringatan dan tempelkan di permukaan paket Anda sebelum dikirim.

4. Selipkan Pesan Personal

Dalam bisnis penjualan, layanan merupakan hal yang penting. Sebagai penjual Anda bisa memberikan pelayanan ekstra berupa kartu ucapan untuk pembeli yang diselipkan ke dalam paket.

Anda bisa menuliskan ucapan terima kasih dan menambahkan quote dalam pesan personal ini. Walaupun terkesan sederhana, tapi bisa memberikan dampak baik kepada pelanggan dan berimbas juga pada bisnis Anda nantinya.

Memiliki pengetahuan mengenai cara mengemas barang dengan baik merupakan keahlian ekstra seorang penjual yang sangat bermanfaat. Jadi, bukan hanya fokus memilih jasa kirim barang murah dan terpercaya, tapi juga memastikan pengepakan barang dilakukan dengan cara terbaik guna terhindar dari kerusakan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *