5 Tips Jitu Mendapatkan Tiket Kereta Api Jelang Mudik Lebaran

  • Whatsapp
5-Tips-Jitu-Mendapatkan-Tiket-Kereta-Api-Jelang-Mudik-Lebaran
Foto dari Canva Photos Unlimited

Anda sudah merencanakan jadwal keberangkatan mudik lebaran 2020 atau masih menunggu  THR turun lebih dulu? Pihak KAI pasti sudah menyediakan ratusan kereta api yang siap mengantarkan penumpang mudik lebaran. Penjualan tiket kereta api sudah dilakukan secara online sehingga Anda harus segera pesan tiket kereta lebaran agar tidak kehabisan tiket.

Mendapatkan Tiket Kereta Api Jelang Mudik

Agar Anda bisa mudik tepat waktu, sebaiknya simak tips memesan tiket kereta api jauh hari berikut ini.

  1. Menentukan tanggal keberangkatan secara pasti

Bagi Anda yang berstatus karyawan, sebaiknya ketahui informasi libur lebaran sejak jauh hari. Meskipun pemerintah atau perusahaan belum memberikan informasi cuti bersama, Anda wajib tahu perkiraan tanggal liburan. Setidaknya informasi cuti atau libur bisa membantu Anda dalam mengatur jadwal reservasi. Jangan sampai tiket sudah Anda pesan, ternyata jatah liburan berbeda jauh dengan tanggal keberangkatan. Anda bisa rugi, lho!

  1. Menyiapkan data pribadi

Sebaiknya Anda menyiapkan data atau identitas pribadi sebelum melakukan reservasi tiket kereta api. Kalau menginginkan pesan tiket kereta lebaran secara kolektif untuk keluarga atau teman-teman, sebaiknya Anda mencatat data atau identitas pribadi mereka dalam satu dokumen. Anda bisa mengetik di halaman word atau mencatat di buku tulis agar lebih mudah memasukkan data saat reservasi online.

Anda bisa memesan tiket kereta api pada agen perjalanan online yang lebih mudah dan praktis. Pemesanan tiket kereta api secara kolektif bisa langsung Anda masukkan di situs tersebut.

  1. Melakukan pemesanan tiket dini hari

Jika Anda mengalami kendala pembelian tiket yang selalu habis atau akses internet lambat karena banyak orang yang ingin mencari tiket kereta yang sama, sebaiknya luangkan waktu dini hari. Pada tengah malam, pembelian tiket kereta api hanya dilakukan oleh segelintir orang sehingga akses internet lebih cepat dan mudah. Peluang untuk mendapatkan tiket kereta api menuju ke kampung halaman jauh lebih besar, bukan?

  1. Memilih metode pembayaran yang lebih cepat

Dewasa ini, ada banyak kemudahan yang ditawarkan oleh OTA atau PT KAI dalam menjual tiket kereta api. Agar Anda tidak kehabisan tiket kereta api mudik lebaran, sebaiknya pilih sistem pembayaran yang cepat secara online saja. Anda bisa melakukan pembayaran secara langsung lewat kartu kredit, mbanking atau saldo digital yang lain. Saat orang lain memilih antri di ATM atau loket pembayaran, Anda sudah menyelesaikan transaksi pembelian tiket kereta api.

Anda harus tahu bahwa PT KAI menetapkan sistem pembayaran 1 jam sejak pemesanan dilakukan. Jika Anda hanya melakukan reservasi tanpa segera melakukan pembayaran, maka tiket yang dipesan bakal langsung dijual kepada peminat yang lain. Duh, Anda bakal merugi kalau tidak memiliki sistem pembayaran yang instan.

  1. Hilangkan keraguan memilih kelas ekonomi

Kelas ekonomi terkesan kurang prestise, sebaiknya Anda menghilangkan pemikiran tersebut. Tenang saja, PT KAI sangat memperhatikan kenyamanan penumpang yang memakai kelas ekonomi. Ada fitur pendingin udara dan tempat duduk yang tak kalah nyaman dengan kelas bisnis atau eksekutif. Demi tiket kereta api mudik lebaran, kenapa harus menolak kelas ekonomi yang tak kalah berkualitas?

Jangan lupa untuk mencari informasi lengkap terkait promo menarik dari PT KAI, ya! Anda bisa mencoba pesan tiket kereta api lewat situs online lain yang bekerja sama dengan PT KAI. Mendapatkan potongan harga bahkan tiket gratis, siapa yang menolak kesempatan tersebut? Lebaran semakin dekat, sudahkah Anda mempersiapkan rencana mudik lebaran yang sempurna?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *