4 Prosedur dan Cara Menghitung Bonus Tahunan Karyawan

  • Whatsapp
4-Prosedur-dan-Cara-Menghitung-Bonus-Tahunan-Karyawan
Foto dari Canva Pro

Bonus tahunan adalah pemberian kepada karyawan untuk meningkatkan loyalitas dan efisiensi kerja. Bonus tahunan karyawan biasanya berbentuk uang. Jika pemberian besaran bonus kurang adil, akan menimbulkan kecemburuan antar karyawan.

Cara Menghitung Bonus Tahunan

Tunjangan untuk karyawan adalah kewajiban perusahaan untuk karyawannya selain gaji pokok. Pembayaran bonus dapat Anda berikan secara variasi, seperti jumlah target yang diperoleh atau penghasilan tahunan perusahaan. Berikut adalah pedoman cara menghitung bonus tahunan karyawan.

1. Jenis Bonus untuk Patokan

Ada beberapa jenis bonus yang dapat anda gunakan yaitu bonus retensi agar karyawan tidak mengundurkan diri. Jika kinerja tahunan perusahaan melebihi target, gunakan bonus tahunan berbentuk uang kepada karyawan. Untuk karyawan atau perusahaan yang berkinerja sangat baik, berikan bonus akhir tahun. Anda bisa gunakan metode Tantiem, yaitu diberi bonus apabila perusahaan sudah mendapat laba bersih.

2. Tentukan Bonusnya untuk Karyawan

Tentukan anggarannya, apakah dari uang kehadiran karyawan atau memang sudah disiapkan oleh perusahaan. Dana juga bisa didapat dari selisih anggaran BPJS. Urutkan faktor penentu dari masa kerja, jabatan atau prestasi. Gunakan pengurangan bonus karyawan sebagai sanksi persentase jika tak disiplin.

3. Menghitung Bonus Karyawan

Bonus reward harus diberikan kepada karyawan secara konsisten. Sanksi atau punishment juga harus bersifat tetap agar karyawan tetap disiplin. Gunakan rumus atau formula agar penentuannya lebih mudah dan sederhana. Untuk bonus akhir tahun rumusnya adalah Bonus = (point maker x tingkat jabatan x jenis dept x gaji) x surat peringatan.

4. Bonus Berdasarkan Sistem Bagi Hasil

Cara menentukan bonus ini tergantung kesepakatan antar karyawan dan perusahaan. Kesepakatan ini biasa terjadi saat ada lowongan karyawan baru. Umumnya persentase keuntungan diberikan 10% dari laba bersih perusahaan. Ada beberapa perusahaan yang memberi 7,5%, 5% atau 2,5% dari laba bersih, tergantung laporan keuangan. Rumus umum yang digunakan yaitu Bonus = (laba bersih x persentase) / jumlah total karyawan.

Itulah 4 Prosedur dan cara menghitung bonus tahunan karyawan agar lebih memudahkan Anda dalam memberi bonus ke karyawan. Cara menentukan bonus karyawan harus bersifat adil dan dilakukan secara jelas. Karyawan yang memiliki etos kerja tinggi akan membantu perusahaan Anda lebih maju.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *